You are here: Home > > Antisipasi perubahan pola pembayaran pasien dengan sistem casemix

Antisipasi perubahan pola pembayaran pasien dengan sistem casemix

Dear teman-teman IT rumah sakit diseluruh Indonesia.....
Pada awal tulisan ini sebenarnya ada beberapa ide yang sempat terpikirkan untuk ditulis dalam blog ini.... tetapi saya melihat ada satu isue yang sangat hangat yang selalu menjadi pembicaraan teman-teman saya di berbagai rumah sakit pemerintah khusunya di Indonesia.
Apa itu....

Casemix atau INA-DRG.....

Dua kata diatas sangat akrab beberapa tahun belakangan ini.. saya sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Center for Casemix Depkes sekitar tahun 2006 (kalo gak salah inget di Bali waktu itu...).

Sampai saat ini kalau dibilang 100% paham sih enggak juga.. cuma kebetulan saya selalu ditugaskan untuk mengikuti perkembangan casemix oleh manajemen rumah sakit..(oh..ya bwt teman-teman yang baru kenal...saya bertugas di RSUP. Fatmawati Jakarta Selatan).

Nah dalam blog ini saya mau teman-teman berdiskusi curhatatau mengenai casemix terutama INA-DRG dan permasalahannya yang menyangkut informasi teknologi yang mensupport implementasinya.

So...guys. sekian dulu besok kalo saya punya ide saya akan mulai menulis deh...
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Responses to “Antisipasi perubahan pola pembayaran pasien dengan sistem casemix”:

Leave a comment