You are here: Home > > pilih blackberry tour atau nokia e72

pilih blackberry tour atau nokia e72







INILAH.COM, Jakarta – Nokia mengumumkan ponsel bisnis baru E72 sementara RIM memasarkan BlackBerry Tour 9630 yang telah lama menjadi rumor. Mana yang lebih baik?.

Kedua ponsel ini akan tersedia akhir tahun, namun BlackBerry 9630 masuk pasar lebih awal. Dalam ukuran penampilan, E72 dan Tour 9630 sangat mirip.

Desain BlackBrry Tour 9630 lebih lebar tapi lebih tipis dibandingkan E72 yang berbalut logam. Namun kedua ponsel ini sangat ringan hanya 4.5 ons.

Kedua smartphone bisnis itu mengusung layar 2,4 inci, namun BlackBerry Tour menang di kategori ini dengan layar yang lebih terang. Layar BlackBerry memiliki lebih banyak piksel dalam tiap incinya dibandingkan E72.

Tour 9630 memiliki kelebihan fitur keyboard QWERTY khas BlackBerry. Namun Nokia sudah mengejar di bidang ini dimana E72 memiliki tempat keyboard lebih lega berdasarkan desain dari model sebelumnya E71.

Untuk navigasi, BlackBerry menggunakan trackball seperti yang digunakan pada model sebelumnya. Tapi E72 menawarkan hal baru trackpad optical yang mudah dioperasikan.

Menyangkut konektifitas, Nokia E72 terlihat indah di semua sudutnya didukung Wi-Fi, Bluetooth, dan port Infrared. Sementara BlackBerry Tour mengusung fitur Bluetooth dengan A2DP tapi tidak memiliki Wi-Fi. E72 juga memiliki radio FM, sementara Tour tidak.

Kamera juga menjadi pembeda besar antara E72 dan Tour. Perangkat Nokia didukung kamera 5 megapiksel dan kamera kedua untuk video call. Sementara BlackBerry Tour hanya didukung kamera 3.2 megapiksel. Tapi keduanya memiliki fungsi autofocus, flash dan video recording.

Selain itu E72 dan Tour 9630 memiliki built-in GPS, yang digunakan untuk bernavigasi termasuk geotagging foto yang diambil dengan ponsel itu. Namun Nokia telah menambahkan E72 dengan kompas elektronik untuk pengalaman navigasi ynag lebih baik.

Mengikuti toko aplikasi iPhone yang sukses, kedua perusahaan juga mulai terjun ke dalamnya. Nokia mengusung nama Ovi Store sementara Research in Motion merilis BlackBerry App World beberapa bulan lalu. Karena kedua toko aplikasi ini relatif masih muda, maka jumlah aplikasi akan menjadHasil compare antara BlackBerry Bold 9700 Onyx versus Nokia E72 dari yang saya baca di tabloid Pulsa kira-kira seperti berikut:

3 keunggulan yang ada pada BB Onyx

1. Resolusi layar lebih besar yaitu 480 x 360 pixel
2. Push Mail
3. Video Player, karena resolusi layar lebih besar maka tampilan video juga lebih bagus meski format files yang bisa diputar tidak sebanyak symbian phone


5 keunggulan Nokia E72

1. Akses data karena HSDPA 10,2 Mbps dan HSUPA 2 Mbps
2. Document, secara default sudah punya lisensi untuk edit & view file doc atau xls, juga bisa membuka file pdf dan zip, Onyx hanya bisa baca doc/xls dan tidak bisa membuka pdf/zip
3. Memory Internal
4. Kamera 5 megapixel
5. Baterai Lithium Polymer


3 kesamaan Onyx vs E72

1. Wifi Calling, sama-sama belum bisa dijalankan di Indonesia karena belum ada server layanan
2. Music Player
3. Processor


Source : Pulsa Edisi 171 Th VII/2009/ 2 - 15 Desember i keunggulan di antara keduanya.[ito]
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Responses to “pilih blackberry tour atau nokia e72”:

Leave a comment